Inspirasi Budaya Kampoeng

Sudah tahukah anda dengan genduren ?

yaitu tradisi kuno pada masa kerajaan dan genduren merupakan bentuk wujud masyarakat Jawa.

Namanya saja “genduren” genduren itu artinya Kenduri. Tergantung waktunya, semisal Kenduri menyambut Suro, berarti Kenduri malam Suroan, Kenduri menyambut 17 Agustus berarti Maleman dll. Saya tidak menyoroti agama apa yang pertamakali melakukan tradisi ini namun saya hanya akan menyampaikan bahwa malakukan genduren biasanya adalah sebagai wujud persembahan dan bentuk sukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Terkait dengan Kenduri, banyak hal yang bisa diambil sebagai penyokong kekuatan bangsa. Kita sebagai penduduk jawa tentunya kita harus bisa menjaga tradisi nenek moyang kita yang mulai jarang kita temui di kalangan masyarakat agar budaya kita tidak punah. Yaitu dengan cara melestarikan dan mendukung segala bentuk tradisi adat. masih banyak lagi sejarah yang dapat kita gali dan jadikanlah sejarah merupakan sebagian dari hidup kita dan menjadi suatu yang menarik untuk didalami lagi kisahnya. (jhon hardi n Tri kris diantoro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>